Keputusan MK tentang Caleg

 Pada PEMILU sebelumnya untuk dapat aman menjadi Anggota Legislatif atau Anggota DPR, DPRD Provinsi, atau DPRD Kabupaten/Kota seorang caleg harus berada di urutan atas. Oleh karena itu tidak aneh bila dalam daftar caleg setiap pemilu nama-nama “Pemilik Partai” seperti pendidiri partai, anak pendiri partai, famili pendiri partai, sahabat pendiri partai, atau pemodal partai akan tercatat di urutan paling atas. Sehingga, meskipun yang bersangkutan tidak bekerja dan tidak memperoleh suara dari pemilih, tetap saja orang-orang ini dapat melenggang tenang menjadi Anggota Legislatif. Apalagi kalau pemilih hanya diarahkan untuk memilih partai dalam pemilihan umum seperti pada pemilu-pemilu sebelumnya. Sistem pemilu seperti itu tidak fair dan tidak memihak kepada pemilih alias rakyat.

Upaya untuk mempertahankan system seperti itu masih terus dilakukan oleh anggota-anggota DPR yang sekarang duduk di Senayan yang notabene merupakan produk dari system yang mereka ciptakan. Tentu saja mereka akan dengan gigih memepertahankan system seperti ini karena dengan cara itulah mereka bisa tenang dan bisa yakin akan terpilih dalam pemilu.

Alhamdulillah, dalam pemilu kali ini MK (Mahkamah Konstitusi) memutuskan bahwa penentuan caleg menjadi anggota legislative didasarkan pada suara terbanyak. Dengan cara seperti ini meskipun seorang caleg berada di urutan paling buncit tetap akan dapat menjadi anggota legislative bila ia dapat meraup suara terbanyak di partainya. Sehingga, setiap caleg harus bekerja keras untuk mendapatkan dukungan rakyat. Karena hanya dengan cara itulah dia akan mendapatkan imbalannya.

Kekhawatiran bahwa caleg artis akan mudah meraup suara terbanyak tidak perlu dilebih-lebihkan. Jangan menganggap rakyat bodoh semua dan jangan pula menganggap bila seseorang memilih artis berarti dia bodoh. Memilih artis yang kita kenal lebih baik dari pada memilih orang yang tidak kita kenal apalagi orang yang kita benci.untuk menjadi caleg.

Terakhir menurut saya, akan lebih baik lagi bila Daftar Caleg dalam Surat Suara dicantumkan berdasarkan urutan nama dengan gelar atau alias di bagian belakang.

 

Menurut anda?  

Advertisements

Silakan tulis komentar anda di kolom yg disediakan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s