Webex

Ada yang bertanya, Webex itu apaan..

Untuk menjawabnya, saya ilustrasikan sebagai berikut.

Jika kita ingin mengadakan acara seperti seminar, pelatihan, pertemuan, rapat, pernikahan, dan lain-lain, tentu saja kita memerlukan tempat. Kita bisa mengadakannya di hotel, di aula, di gedung pertemuan, di ruang rapat, di halaman rumah, dan lain-lain.

Bila kita mengadakan acara di tempat kita sendiri, tentu saja kita tidak perlu membayar. Tapi, bila kita mengadakan acara di tempat milik orang lain, tentu saja kita harus mengeluarkan uang untuk menyewanya. Ini terjadi di dunia nyata. Intinya kita memerlukan tempat untuk mengadakan sebuah kegiatan atau acara, titik.

Di dalam dunia maya, kitapun bisa menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti di dunia nyata. Salah satu tempat atau situs untuk menyelenggarakan kegiatan di dunia maya bernama Webex. Webex bukan punya kita. Jadi, kalau kita ingin menggunakan Webex untuk mengadakan kegiatan apapun harus membayar uang sewa. Ingat! Yang bayar itu kita yang mengadakan, bukan tamu atau peserta yang kita undang.

Salah satu lembaga yang menyewa Webex untuk mengadakan kegiatan online adalah SEAMEO (Perhimpunan Kementrian Pendidikan se Asia Tenggara). SEAMEO menggunakan Webex untuk mengadakan kegiatan-kegiatan online seperti sekarang ini, yaitu Pelatihan Koordinator Virtual yang lebih keren disebut dengan VCT. Dengan menggunakan Webex, peserta VCT seribu orangpun bisa bertemu dan berkumpul pada waktu yang sama, meskipun pada tempat yang berbeda. Jadi, dengan menggunakan Webex pula, para menteri atau pejabat kementrian pendidikan se Asia Tenggara bisa bertemu untuk berdiskusi atau apapun tanpa harus meninggalkan tempat masing-masing.

Lantas bisakah kita mengadakan kegiatan pertemuan MGMP, misalnya dengan menggunakan Webex?

Bisa. Caranya, kita pinjam Webex SEAMEO atau kita menyewa Webex sendiri kalau kita punya uang, hehehe.

Tapi jangan khawatir, Webex memberikan fasilitas gratis kalau hanya untuk pertemuan 3 orang, dan diberi fasilitas ujicoba bisa digunakan 25 orang selama 14 hari. Syaratnya, kita harus mendaftar di situs Webex. Yang menggembirakan, setelah ikut pelatihan ini, saya jadi tahu bahwa fasilitas yang untuk 25 orang itu bisa digunakan selamanya (bukan 14 hari saja) dengan trik tertentu.

Apa itu triknya, nanti saya share dalam tulisan berikutnya…

 

Cibinong, 28 Februari 2019

Yusuf Efendy

 

 

2 thoughts on “Webex

  1. Terimakasih atas penjelasannya Mungkin ini pengalaman pertama saya mengenal webex, tapi saya masih bingung mengunakan webex pak belum hapal dan mengenal piktur nya

Silakan tulis komentar anda di kolom yg disediakan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s